Senin, 12 November 2012

SENI KERAJINAN BATOK KELAPA





Latar belakang
Batang pohon kelapa dapat digunakan sebagai bahan bangunan yang terkenal tahan akan cuaca dan gangguan serangga-serangga kayu. Daun kelapa dapat digunakan untuk membuat selongsong kupat. Tulang daunnya (lidi) digunakan untuk membuat sapu. Pelepah daunnya dapat digunakan sebagai kayu bakar. Kulit buahnya (serabut) dapat digunakan untuk membuat sapu. Media tanam hidroponik dan media filter dalam penjernihan air sederhana; daging buahnya yang masih muda dapat dibuat minuman, sedangkan yang sudah tua dapat digunakan sebagai bahan santan atau untuk membuat minyak goreng.
Satu hal yang menarik dalam memanfaatkan bagian-bagian kelapa adalah pada batok atau cangkang buahnya. Hal ini karena sekilas mungkin tidak terpikirkan bahwa batok kelapa mempunyai nilai ekonomi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan buah kelapanya itu sendiri. Dengan sentuhan tangan-tangan kreatif, batok kelapa dapat disulap menjadi benda-benda kerajinan yang mempunyai nilai guna, nilai seni, dan bahkan keduanya.
Seni kerajinan ini belum begitu luas di indonesia, perkembangan seni kerajinan ini baru muncul era tahun 90 an,  kerajian batok kelapa banyak di jumpai di daerah jawa, dan sulawesi. Munculnya kesenian ini bermula banyaknya pabrik-pabrik kelapa dan banyaknya tumbuhan kelapa di indonesia, sehingga banyak tempurung kelapa di jadikan bahan bakar sajayang tidak ada guna, hal inilah masyarakat indonesia mengambil inisiatif dan membuat menjadi bahan ekonomis

Proses Pembuatan Kerajinan batok kelapa
Benda-benda kerajinan batok kelapa yang banyak dibuat orang antara lain adalah sebagai berikut.
·         Perabotan rumah tangga, seperti sendok sayur, gayung air, tempat minum, piring, asbak rokok, dan lain-lain.
·         Aksesori, seperti pin, kalung, gelang, ikat pinggang, figura, miniatur kendaraan, topeng, ukiran, dan lain-lain.



 Alat yang di gunakan ialah:
·         Pilihlah batok kelapa yang benar-benar tua dan kering (biasanya pada bagian potongannya mempunyai warna yang hitam).
·         Siapkan alat-alat dan bahan yang diperlukan untuk mengolah batok kelapa tersebut, seperti gergaji, pecahan kaca, pisau, amplas, daun pisang kering, lem kayu, cat pernis, atau yang lainnya.
Adapun langkah-langkah untuk mempersiapkan batok kelapa sebelum diolah lebih lanjut menjadi benda-benda kerajinan adalah sebagai berikut.
·         Bersihkan dengan hati-hati sisa-sisa serabut kasar di permukaan batok dengan menggunakan pecahan kaca atau pisau.
·         Bersihkan sisa-sisa serabut halus di permukaan batok dengan menggunakan amplas kasar.
·         Haluskan permukaan batok dengan menggunakan amplas halus secara merata.
·         Untuk membuat permukaan batok menjadi mengkilat dapat dilakukan dengan dua cara. Cara pertama merupakan cara alami, yaitu dengan menggosoknya menggunakan daun pisang kering secara berulang, sedangkan cara kedua adalah dengan mengecatnya menggunakan cat pernis.
·         Gunakan gergaji untuk memotong batok dengan bentuk dan ukuran yang disesuaikan dengan kerajinan yang akan dibuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar