RPP PERTEMUAN PERTAMA
TEMA : TENTANG AKU
SUB TEMA : TUBUHKU
KELAS I SEMESTER 1
i.
Kompetensi
Dasar
1.
Bahasa
Indonesia
Menulis
4.1
Menjiplak berbagai bentuk gambar lingkaran dan bentuk huruf
2.
IPA
1.1 Mengenal
bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
3.
Matematika
1.1 Membilang
banyak benda
ii.
Indikator
1.
Bahasa
Indonesia
-
Menjiplak gambar
-
Menjiplak huruf
2.
IPA
-
Menemutunjukkan bagian anggota tubuh
-
Menamai bagian anggota tubuh
-
Menceritakan bagian anggota tubuh
3.
Matematika
-
Menyebutkan banyak benda
-
Menuliskan banyak benda
iii.
Tujuan
Pembelajaran
-
Siswa mampu menjiplak berbagai bentuk
gambar dan huruf
-
Siswa mampu menunjukkan anggota tubuh
dengan tepat
-
Siswa mampu menyebutkan banyak benda dan
menuliskan banyak benda
iv.
Langkah-Langkah
Kegiatan
A.
Kegiatan
Awal ( 15 menit )
1. Mengkondisikan
siswa dalam situasi belajar yang kondusif
2. Membaca
doa dipimpin oleh ketua kelas dan mengucapkan salam kepada guru
3. Mengecek
kehadiran siswa
4. Memberikan
motivasi kepada siswa dengan bertanya tentang kegiatan pagi hari sebelum
berangkat ke sekolah
5. Menyanyikan
lagu “ Dua mata saya “
6. Menyampaikan
tema dan sub tema, serta tujuan pembelajaran hari ini kepada siswa dengan
bahasa yang mudah dipahami oleh siswa
B.
Kegiatan
Inti
7. Membuka
bahan ajar halaman pertama, kemudian guru membacakan teks cerita yang berjudul
“Budi Anak Rajin”
8. Siswa
diajak untuk menjiplak gambar dan huruf yang telah disediakan pada bahan ajar
9. Siswa
mendengarkan cerita guru tentang tubuhku
10. Siswa
melakukan demonstrasi kegiatan 1 yang terdapat pada halaman….tentang bagaimana
fungsi bagian anggota tubuh
11. Selama
kegiatan berlangsung terjadi Tanya jawab antara guru dan siswa mengenai fungsi
anggota tubuh yang lain
12. Siswa
kemudian menghubungkan pengamatannya dengan jumlah dari bagian anggota tubuh
13. Siswa
menyebutkan banyaknya jumlah dari masing-masing bagian anggota tubuh
14. Siswa
menuliskan jumlah dari banyaknya bagian anggota tubuh
C.
Kegiatan
Akhir
16. Siswa
mencatat tugas yang diberikan oleh guru pada bahan ajar halaman….
17. Menutup
pelajaran dengan memberikan kesimpulan mengenai kegiatan yang sudah dilakukan.
v.
Alat
/ Bahan/Sumber Belajar
-
Bahan ajar Tubuhku halaman….
-
Bahan untuk demonstrasi : sapu tangan,
coklat, kopi, batu, pensil, buku
-
Bahan menjiplak : gambar bagian tubuh
dan gambar huruf
vi.
Penilaian
-
Teknik
Penilaian
a. Lisan
dan Tulisan
-
Bentuk
Penilaian
a. Tes
lisan dan tulisan berupa menjiplak gambar
RPP PERTEMUAN KEDUA
TEMA : TENTANG AKU
SUB TEMA : AKU DAN ORANG TUAKU
KELAS I SEMESTER 1
i.
Kompetensi
Dasar
1.
IPS
1.1 Identitas
diri, keluarga dan kerabat
2.
Bahasa
Indonesia
Menulis
4.1 Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
3.
Matematika
1.1 Membilang
banyak benda
ii.
Indikator
1.
IPS
-
Mengenal dan menyebutkan identitas diri
-
Menuliskan identitas diri
-
Menyebutkan nama lengkap orang tua
2.
Bahasa
Indonesia
-
Menebalkan gambar
-
Menebalkan huruf
3.
Matematika
-
Membandingkan banyak benda 1-5
-
Membaca lambang bilangan 1-5
-
Menuliskan lambang bilangan 1-5
iii.
Tujuan
Pembelajaran
-
Siswa mampu menyebutkan identitas orang
tua dan nama dirinya sendiri
-
Siswa mampu menebalkan gambar dan huruf
-
Siswa mampu membandingkan banyak benda
-
Siswa mampu membaca dan menuliskan
lambang bilangan 1-5
iv.
Langkah-
Langkah Kegiatan
A.
Kegiatan
Awal
1. Menkondisikan
siswa dalam situasi belajar yang kondusif
2. Membaca
doa dipimpin oleh ketua kelas dan mengucapkan salam kepada guru
3. Mengecek
kehadiran siswa
4. Memberikan
motivasi kepada siswa dengan bertanya tentang pengalaman pertama mendaftar ke
sekolah
5. Menyanyikan
lagu “ “
6. Menyampaikan
tema dan sub tema serta tujuan pembelajaran hari ini dengan bahasa yang mudah
di pahami
B.
Kegiatan
Inti
7. Siswa di suruh membuka bahan ajar hal…
8. Guru
membacakan cerita yang berhubungan dengan identitas diri dan orang tua
9. Guru
meminta salah seorang siswa untuk maju ke depan kelas dan menyebutkan namanya,
nama orang tuanya, serta alamat rumahnya
10. Siswa
diajak untuk menuliskan identitas diri berdasarkan contoh yang telah dibuat
11. Guru
meminta siswa memperhatikan gambar pada bahan ajar halaman…
12. Siswa
diajak untuk menebalkan gambar dan huruf pada bahan ajar halaman…
13. Siswa
mendengarkan cerita guru yang berjudul… pada bahan ajar halaman…
14. Guru
bertanya jawab kepada siswa tentang perbandingan banyaknya jumlah anggota
keluarga yang ada dalam cerita tersebut.
15. Guru
membimbing siswa membaca dan menuliskan perbandingan banyaknya anggota keluarga
dalam bentuk lambang bilangan.
16.
Siswa mengerjakan latihan pada bahan
ajar …
C. Kegiatan Akhir
18.
Menutup pelajaran dengan memberikan
kesimpulan mengenai kegiatan yang sudah dilakukan.
v.
Alat/Bahan/Sumber
Belajar
-
Bahan ajar “ Aku dan Orang tuaku”
halaman ..
-
Gambar Aku dan orang tuaku
vi.
Penilaian
-
Teknik Penilaian
1) Lisan
dan Tulisan
-
Bentuk Penilaian
a. Tes
lisan dan tulisan berupa soal
RPP PERTEMUAN KETIGA
TEMA : TENTANG AKU
SUB TEMA : AKU DAN KERABAT
KELAS I SEMESTER 1
i.
Kompetensi
Dasar
1.
IPS
1.1 Identitas
diri, keluarga dan kerabat
2.
Bahasa
Indonesia
4.1 Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan huruf
3.
Seni
Mengekspresikan diri melalui gambar
ekspresif
ii.
Indikator
1.
IPS
-
Menyebutkan identitas saudara kandung
-
Menyebutkan identitas kerabat
2.
Bahasa
Indonesia
-
Melengkapi kata yang belum selesai
berdasarkan gambar
3.
Seni
-
Mewarnai gambar dengan tema keluarga
iii.
Tujuan
Pembelajaran
-
Mampu menyebutkan identitas saudara
kandung dan kerabat
-
Mampu melengkapi kata yang belum selesai
berdasarkan gambar
-
Mampu menggambar tentang anggota
keluarga
iv.
Langkah-langkah
pembelajaran
A.
Kegiatan
Awal
1. Menkondisikan
siswa dalam situasi belajar yang kondusif
2. Membaca
doa dipimpin oleh ketua kelas dan mengucapkan salam kepada guru
3. Mengecek
kehadiran siswa
B.
Kegiatan
Inti
4. Guru
membacakan cerita yang berjudul “ Anggota keluarga yang tinggal dalam satu
rumah “
5. Siswa
diajak untuk menceritakan tentang keluarganya di depan kelas dengan bimbingan
guru
6. Guru
menjelaskan tentang silsilah keluarga
7. Siswa
diajak mengerjakan tugas pada bahan ajar halaman...
8. Siswa
diminta memperhatikan gambar pada bahan ajar halaman…
9. Guru
menjelaskan tentang gambar….
10. Siswa
melengkapi kata yang belum selesai dari gambar
11. Siswa
mewarnai gambar yang telah disediakan oleh guru
C. Kegiatan Akhir
12.
Menutup pelajaran dengan memberikan
kesimpulan mengenai kegiatan yang sudah dilakukan.
v.
ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR
-
Bahan ajar “ Aku dan Kerabat” halaman ..
-
Gambar ………….
vi.
PENILAIAN
-
Teknik Penilaian
1) Lisan
dan Tulisan
-
Bentuk Penilaian
a. Tes lisan dan tulisan berupa soal
b. Tes Unjuk Kerja
1) Materi
: Mewarnai Gambar
2) Kriteria
penilaian
-
Kerapian = 40%
-
Kreatifitas
dalam mewarnai = 60%
Tidak ada komentar:
Posting Komentar