Latar Belakang.
Guru merupakan kunci keberhasilan dalam pengelolaan proses
pembelajaran, sementara itu manajemen kelas merupakan salah satu aspek dari pengelolaan proses pembelajaran
yang paling rumit tetapi menarik perhatian. Karena manajemen kelas itu
memperlukan berbagai kreteria keterampilan, pengalaman, bahkan kepribadian
serta sikap dan nilai-nilai seorang guru.
Manajemen kelas, dikatakan menarik, karena selain memerlukan kemampuan
pribadi serta ketekunan menghadapinya di satu sisi, disisi lain calon guru, dan
guru yang berpengalaman sekalipun akan bergelut dengan manajemen kelas agar
terselenggara proses pembelajaran yang efektif dan tercapainya tujuan
pembelajaran. Oleh karena itu, guru mempunyai peranan besar dalam menentukan
keberhasilan manjemen kelas maupun manajemen pembelajaran.
Berdasar penjelasan tersebut di atas, mengisyaratkan bahwa guru harus
memiliki kemampuan professional termasuk kemampuan professional termasuk
kemampuan memanajemeni kelas, untu memiliki kemampuan manajemen kelas guru
antara lain harus memahami prosedur manajemen kelas. Dalam bab ini akan
membahas prosedur nmanajemen kelas dan rancangan prosedur manajemen kelas.
1. prosedur manajemen kelas
Manajemen
kelas merupakan suatu tindakan yang menunjuk kepada kegiatan-kegiatan yang
berusaha menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal terjadinya proses
kegiatan pembelajaran yang efektif. Serangkaian langkah-langkah kegiatan
menajemen kelas mengacu kepada tindakan pencegahan (preventif) dengan tujuan
menciptakan kondisi pembelajaran yang menguntungkan, dan tindakan korektif yang
merupakan tindakan koreksi terhadap tingkah laku menyimpang yang dapat
mengganggu dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung.
Dimensi
tindakan korektif dapat dibagi menjadi dua jenis tindakan yaitu:
- tindakan yang seharusnya segera diambil oleh guru pada saat terjadi gangguan terhadap kondisi optimal pembelajaran.
- tindakan kuratif yaitu, tindakan terhadap tingkah laku yang menyimpang dan yang telah terlanjur terjadi agar penyimpangan tersebut tidak berlarut-larut.
Tindakan manajemen kelas juga dapat menjurus kepada tindakan manajemen
dimensi pencegahan dan prosedur dimensi penyembuhan.
A.
Prosedur dimensi pencegahan
Tindakan ini yang dilakukan sebelum
munculnya tingkah laku yang menyimpang dan mengganggu kondisi optimal
berlangsungnya pembelajaran. Konsekuensinya guru harus menentukan
langkah-langkah dalam rangka manajemen kelas harus merupakan langkah yang
efektif dan efisien. Adapun langkah-langkah pencegahannya sebagai berikut:
1. peningkatan kesadaran diri
sebagai guru
Guru harus menerapkan langkah yang strategis dan mendasar karena dengan
dimilikinya kesadaran ini akan meningkatkan rasa tanggungjawab dalam
melaksanakan tugasnya.
2. peningkatan kesadaran peserta
didik
Interaksi positif antara guru dan peserta didik dalam proses
pembelajaran apabila dua kesadaran, kurangnya kesadaran peserta didik akan
menumbuhkan dimensi pencegahan dan tindakan manajemen dimensi kuraktif.
- dimensi pencegahan, yaitu tindakan guru dalam mengatur peserta didik dan peralatan derta format pembelajaran yang tepat sehingga menumbuhkan kondisi yang menguntungkan bagi berlangsungnya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Dimensi pencegahan adalah berupa langkah-langkah yang harus direncanakan guru untuk menciptakan suatu struktur kondisi ysng fleksibel.
- Dimensi kuratif, yaitu tindakan terhadap tingkah laku yang menyimpang yang terjadi agar penyimpangan itu tidak berlarut-larut, dalam hal ini guru berusaha untuk menumbuhkan kesadaran akan penyimpangan yang dibuat dan akhirnya akan menimbulkan kesadaran dan tanggungjawab.
3. sikap polos dan tulus dari guru
seorang guru
hendaknya bersikap polos dan tulus terhadap peserta didik. Sikap ini mengandung
makna bahwa guru dalam segala tindakannya tidak boleh berpura-pura bersikap dan
bertindak apa adanya. Sikap dan tindak laku seperti itu sangat mambantu dalam
memenajemeni kelas. Guru dengan sikap dan kepribadiannya sangat mempengaruhi
lingkungan belajar karena tingkah laku, cara menyikapi, dan tindakan guru
merupakan stimulus yang akan direspon atau diberikan reaksi oleh para peserta
didik. Kalau stimulus itu positif maka respon juga positif, sebaliknya kalau
stimulasi itu negatif maka respon yang akan munculadalah negatif.
- Mengenal dan Menemukan Alternatif Pengelolaan
Untuk mengenal dan
menemukan alternatf pengelolaan langkah ini menuntut guru harus melakukan
identifikasi berbagai penyimpangan tingkah laku peserta didik yang sifatnya
individual maupun kelompok, dan juga guru harus mengenal berbagai pendekatan dalam
manajemen kelas dan juga berusaha menggunakan pendekatan manajemen kelas yang
di anggap tepat untuk mengatasi suatu situasi atau dengan pendekatan
pilihannya, dan juga seorang guru harus mempelajari pengalaman guru-guru
lainnya yang gagal atau berhasil
sehinnga dirinya memiliki alternatif yang bervariasi dalam menangani berbagai
problema manajemen kelas.
- Menciptakan Kontrak Sosial
Pencptaan kontrak
sosial pada dasarnya berkaitan dengan standar tingkah laku serta memberikan
gambaran tentang fasilitas beserta keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan
peserta didik. Standar tingkah laku ini di bentuk melalui kontrak sosial antara
sekolah atau guru dan peserta didik. Norma atau nilai sangat penting, oleh
sebab itu dalam rangka memanajemeni kelas norma berupa kontrak sosial beserta
dengan sangsinya yang mengatur kehidupan dalam kelas.
B. Prosedur
dimensi penyembuhan ( kuratif )
Pada dasarnya ada langkah-langkah prosedur di
mensi penyembuhan adalh sebagai berikut:
- Mengeindentifikasi Maslah.
Pada langkah ini kegiatan untukn
mengenal atau mengetahui masalah-masalah manajemen kelas yang timbul dalam
kelas. Berdasar masalah-masalah tersebut guru mengendetifikasi jenis-jenis
penyimpangan sekaligus mengetahui latar belakang yang membuat peserta didik dan
melakukan penyimpangan tersebut.
2.
Menganalisis Masalah
Pada langkah ini guru berusaha
menganalisis penyimpangan peserta didik dan menyimpulkan latar belakang dan
sumber-sumber dari penyimpangan itu, setelah itu bagai mana cara bisa
menyelesaikan masalah tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar