Senin, 12 November 2012

RPP seni



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Seni Budaya dan Keterampilan
Kerlas/Semester          :  IV/II
Alokasi Waktu            : 2x35

I.                   Standar Kompetensi
Membuat karya  kerajinan dan benda konstruksi
II.                Kompetensi Dasar
1 Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara
2 Membuat karya kerajinan berdasarkan rancangan sendiri
III.             Indikator
1.      Merancang berbagai macam karya kerajina dengan teknik atau motif hias nusantara
2.      Membuat kerajianan berdasarkan rancangan sendiri
IV.              Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu merancang aneka kerajinan dengan motif natural
2.      Siswa mampu membuat karya kerajinan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat
V.                Materi Ajar
1.      memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara
2.      karya kerajinan berdasarkan rancangan sendiri
VI.       Metode Pembelajaran
1.      Demonstasi
2.      2. Praktik



VII.          Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Awal
1.      Apersepsi
2.      Salam pembuka
3.      Mengabsen siswa
4.      Memperlihatkan contoh-contoh hasil kerajinan dari bahan alam
b.      Kegiatan Inti
1.  Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.   memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
3.      siswa diberi lembar tugas
c.       Kegiatan Penutup
Guru member tugas kepada murit untuk membuat karya seni berdasarkan rancangan nya sendiri.
VIII.        Sumber/Alat/Bahan
1.      Buku paket SBK
2.      Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
3.      Berbagai sumber tentang kerajinan Nusantara
IX.             Penilaian
-    Aspek afektif (sikap)
-    Aspek psikomotorik
      -    Aspek kognitif

Mengetahui Kepela Sekolah                                                   Guru Mata Pelajaran



                                                                                                YULNITA SARI


1.      Jelaskan kenapa seni kerajinan di ajarkan di Sd
Jawab: Karena Mata pelajaran Kerajinan Tangan dan Kesenian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan dan perkembangan jiwa siswa dan Tujuan mata pelajaran Kerajinan Tangan dan Kesenian adalah untuk mengembangkan sikap, kemampuan (keterampilan dasar), kreativitas, dan kepekaan cita rasa.

2.      Jelaskan ruang lingkup pembelajaran di Sd
Jawaban: Adapun ruang lingkup pembelajaran di Sd ialah sebagai berikut
a.       Meliputi aspek pengetahuan, pengalaman dan kreatif
b.      Dapat berkenaan dengan cabang-cabang seni, jenis, bahan, alat,unsure dan corak.
c.       Dapat menanamkan nilai-nilai estetis yang tujuan memberikan pengalaman, kreatif, dan apresiatif

3.      Kenapa seni kerajinan memiliki peranan penting dalam pengambangan kreatipitas dan potensi anak
Jawab: karena Setiap anak, memiliki potensi atau bakat alamiah baik yang bersifat umum atau khusus di bidang seni berbeda-beda proporsinya. Pendidikan seni dapat digunakan dalam rangka pemupukan dan pengembangan bakat melalui berbagai aktivitas seni: menggambar, menyanyi, atau menari yang secara alamiah dimiliki oleh anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar