RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Seni
Budaya dan Keterampilan
Kerlas/Semester : IV/II
Alokasi Waktu : 2x35
I.
Standar
Kompetensi
Membuat karya kerajinan dan benda konstruksi
II.
Kompetensi
Dasar
1 Merancang karya kerajinan dengan
memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara
2 Membuat karya
kerajinan berdasarkan rancangan sendiri
III.
Indikator
1. Merancang berbagai macam karya kerajina
dengan teknik atau motif hias nusantara
2. Membuat kerajianan berdasarkan rancangan
sendiri
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa mampu merancang aneka kerajinan dengan motif
natural
2.
Siswa mampu
membuat karya kerajinan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat
V.
Materi Ajar
1. memanfaatkan teknik atau motif hias
Nusantara
2. karya kerajinan berdasarkan rancangan
sendiri
VI. Metode Pembelajaran
1. Demonstasi
2. 2. Praktik
VII.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Awal
1.
Apersepsi
2.
Salam pembuka
3.
Mengabsen siswa
4. Memperlihatkan
contoh-contoh hasil kerajinan dari bahan alam
b.
Kegiatan Inti
1.
Memberikan
penjelasan materi kepada siswa
2.
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya
3.
siswa diberi lembar tugas
c.
Kegiatan Penutup
Guru member tugas kepada murit untuk membuat karya seni
berdasarkan rancangan nya sendiri.
VIII.
Sumber/Alat/Bahan
1. Buku paket SBK
2.
Saya
Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
3.
Berbagai sumber tentang kerajinan Nusantara
IX.
Penilaian
- Aspek afektif
(sikap)
- Aspek psikomotorik
-
Aspek kognitif
Mengetahui Kepela
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
YULNITA
SARI
1. Jelaskan kenapa seni kerajinan di ajarkan
di Sd
Jawab:
Karena Mata pelajaran Kerajinan Tangan dan Kesenian merupakan bagian
yang tidak terpisahkan dari kehidupan dan perkembangan jiwa siswa dan Tujuan
mata pelajaran Kerajinan Tangan dan Kesenian adalah untuk mengembangkan sikap,
kemampuan (keterampilan dasar), kreativitas, dan kepekaan cita rasa.
2. Jelaskan
ruang lingkup pembelajaran di Sd
Jawaban: Adapun ruang lingkup pembelajaran
di Sd ialah sebagai berikut
a. Meliputi
aspek pengetahuan, pengalaman dan kreatif
b. Dapat
berkenaan dengan cabang-cabang seni, jenis, bahan, alat,unsure dan corak.
c. Dapat
menanamkan nilai-nilai estetis yang tujuan memberikan pengalaman, kreatif, dan
apresiatif
3. Kenapa
seni kerajinan memiliki peranan penting dalam pengambangan kreatipitas dan
potensi anak
Jawab: karena Setiap anak, memiliki potensi
atau bakat alamiah baik yang bersifat umum atau khusus di bidang seni
berbeda-beda proporsinya. Pendidikan seni dapat digunakan dalam rangka
pemupukan dan pengembangan bakat melalui berbagai aktivitas seni: menggambar,
menyanyi, atau menari yang secara alamiah dimiliki oleh anak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar